News

Mari Mengenal Desa Tanjung, Memiliki Destinasi Wisata Pantai Yang Begitu Indah, Dan Sumur Gali Air Tawar di Tengah Laut

Destinasi wisata desa tanjung

Sarifuddin.S.Pd (Kades) Tanjung Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna, provinsi Sultra.

Muna, terkininesia. com- Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) yang terletak di pesisir pantai merupakan desa yang destinasi wisata pantainya sangat menabjubkan dan indah dengan suara  hantaman ombak, desa ini sangat butuh sentuhan dari pemerintah melalui dinas pariwisata dan PU serta Balai Sungai untuk Penahan Ombaknya serta Tanggulnya.

Kepala Desa (Kades) Tanjung Kecamatan Tongkuno  Sarifuddin saat di jumpai media ini di kediamannya pihaknya  memaparkan  panjang lebar tentang desa Tanjung yang ia pimpin, menurutnya Desa tanjung merupakan Desa yang di huni mayoritas mata pencarian sehari-hari masyarakat adalah nelayan, ” tutur Sarifuddin pada Selasa (20/9/2023)

Sehingga kata sarifuddin  bahwa desa kami ini merupakan Desa yang membutuhkan bantuan dan sentuhan dari pemerintah baik itu bantuan Rumah Tidak layak Huni (RTLH)  maupun bantuan Rumah Buat para nelayan di pesisir, serta bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan, selain itu yang paling utama adalah bantun pengaspalan jalan sepanjang 7 kilo yang di huni 3 desa, agar bantuan pengaspalan itu bisa diturunkan di 3 Desa ini, “harapnya.

Baca Juga:  Pemdes Rompu-Rompu Dimasa Pandemi dan Dimasa PPKM Fokus Di Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur

Sebab mengingat desa kami sangat bagus destinasi wisatanya maka apabila akses infrastruktur jalan masuk bagus maka sudah tentu minat masyarakat berwisata di Desa Tanjung pasti akan meningkat dan tentu juga Desa tanjung akan berpengaruh dengan penghasilan ekonomi masyarakat utamanya yang keseharian jualan jajan sembako dan lainnya, ” tutur Kades Tanjung Sarifuddin  saat di temui wartawan terkininesia.com

Berbicara tentang Desa Tanjung sangat indah pemandangannya apalagi terletak di pesisir pantai tentu minat masyarakat berwisata pasti ada ketika desa ini sudah di bangun dan di tata dengan baik, apalagi kalau dinas pariwisata bisa turunkan anggaran untuk bantuan pengembangan wisata pantai, tentu masyarakat sangat inginkan hal itu, “bebernya.

Selain pantai wisatanya Desa Tanjung juga memiliki sejarah sumur yang ada di tengah laut tapi airnya tawar dan tak pernah kering, sehingga sumur itu kita sudah bangun dan tata dengan baik dengan menggunakan  dana desa (DD) , ” tutur sarifuddin.

Sementara ditanya terkit apa saja program dana desa yang sudah realisasi dan di mamfaatkan di masyarakat desa Tanjung,

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Reguler UHO 2021 Desa  Sumbersari Bersama Pemerintah Desa,Bagi Masker Kepada Masyarakat

Yaitu  pihaknya mengatakan bahwa mengenai anggaran dana desa (DD) dan ADD sudah berjalan dan sudah di mamfatkan dengan baik mulai tahap I sampai tahap II dan menunggu lagi pencairan tahap akhir untuk lanjutan pembangunan yang belum terlaksana.

Adapun program kami di Desa Tanjung ini lanjutnnya yaitu pertama Pembagian dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa  (BLT-DD) APBN tahun 2023 untuk jumlah penerima mamfaat sebanyak 42 KPM,”beber Kades Sarifuddin. S. Pd.

Sementara untuk program
Ketahanan Pangan yaitu pemdes bersama masyarakat programkan pengadaan Rumput laut atau program rambah jaring apung (KJA) dimn program tersebut berkelompok. Dan Selain itu ada juga pembangunan Penampungan bak air bersih satu paket, “ujarnya.

Selain itu program dana desa ada juga Pembangunan jalan  rabat beton dengan volume panjang 65 meter dan lebar 4 meter pekerjaan itu sudah rampung dan sudah di mamfaatkan oleh masyarakat maupun mengguna jalan lainnya. Disamping itu stanting dan gaji perangkat des dan kegiatan pemberdayaan lainnya juga sudah berjalan dengan baik

Masih sarifuddin menambahkan bahwa semua kegitan di Desa kami jalankan sudah mengikuti Pentunjuk teknis dan regulasi penggunaan dana desa yang dicanangkan presiden RI Ir. jokowidido melalui Kementerian Desa

Baca Juga:  Penjabat Pj Bupati Mubar Dr. Bahri Akan Mendapat Penghargaan UHC dari Wapres RI

Rasa syukur kami ucapkan dengan adanya program dana desa yang di gelontorkan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2015 sampai saat ini begitu membantu desa desa yang ada di indonesia khususnya Desa Tanjung yang saya pimpin ini, baik itu dalam pembangunan infrastruktur maupun peningkatan taraf hidup masyarakat menuju kesejahtraan

“Maka saya selaku kepala desa sangat  bersyukur masih di beri kepercayaan untuk memimpin desa tanjung ini dengan harapan agar kementerian dan Pemprov Sultra maupun Pemda bisa melirik desa kami untuk diberi bantuan di luar dari anggaran DD dan ADD soalnya Dana desa terbatas dalam pembangunan desa karena sudah ada pos – pos masing-masing iyaitu Ketahanan Pangan, Pemberdyaan, gaji perangkat desa, BLT, dan Pos Lainnya.

Sehingga kami para kepala desa khususnya Kades Tanjung Kecamatan Tongkuno kabupaten muna masih harapkan sentuhan bantuan dari pemerintah di luar dari Angaran DD dan ADD.. Itu harapan kami, “tutup Mantan Guru Honorer itu Sarifuddin.

Laporan: Ali Topan
Editor: Sultan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top